Bantal Sofa Untuk Efek Estetika

Meski tidak semua ruangan harus memiliki Bantal sofa, namun keberadaannya tetap harus diperhitungkan sebagai pemanis ruangan. Karena sebagai pelengkap dalam interior rumah, Bantal sofa bisa menjadi objek penting untuk menambah titik pandang dari sebuah ruangan.

Tidak dapat disangkal, adanya Bantal sofa bisa menjadikan ruang tamu terlihat lebih ceria. Pasalnya, salah satu unsur yang dapat membuat tampilan sofa lebih manrik adalah Bantal sofa.
Dulunya Bantal memang hanya diperuntukkan sebagai pelengkap tempat tidur. Namun seiring dengan perkembangan zaman, Bantal tidak hanya dimanfaatkan sebagai aksesoris tidur tapi juga untuk keindahan.

Tidak jarang kehadiran Bantal mampu mempengaruhi estetika ruangan, sehingga terlihat semakin cantik dan menarik.

Begitupun, bukan berarti semua Bantal bisa difungsikan sebagai penghias kursi atau sofa. Tidak juga bisa sembarangan meletakkannya. Karena bagaimana pun juga, pengaplikasiannya tetap harus diperhatikan.

Seperti yang dikatakan Nina selaku pemilik toko Enek Furniture yang ada Jalan HM Yamin No 216 Medan, secara funsi, Bantal untuk kursi berbeda tipis dengan Bantal untuk sofa.

“Tinggal bagaimana kita mengaplikasikannya saja. Kalau Bantal untuk kursi lebih berfungsi untuk memperkuat kesan kursi tersebut. Tapi kalau Bantal sofa, lebih untuk memperindah kesan ruangan,” katanya kepada MedanBisnis beberapa waktu saat ditemui di tokonya.

Kata dia,kebanyakan sofa-sofa yang memakai fungsi Bantal adalah yang berkonsep minimalis atau modern. Karena untuk yang berjenis klasik, sangat jarang mempergunakan Bantal sofa.

Kalaupun ada, lanjutnya, biasanya hanya sebagai pelengkap dan kebutuhan. Bukan sebagai pemanis, agar ukiran-ukiran yang ada pada kursi klasik tersebut tetap menonjol.

“Kalau sofa atau kursi klasik kan sudah indah. Jadi dia kayaknya nggak perlu lagi pakai Bantal. Soalnya tanpa Bantal pun, dia sudah terlihat menarik dan cantik,” ujarnya menjelaskan.

Namun pada intinya, tambah Nina, pengaplikasian Bantal pada sofa maupun kursi tergantung pada jenis yang digunakan. Tidak hanya itu. Pemilik rumah juga harus mengerti, apakah kursi atau sofa yang digunakan cukup nyaman atau tidak tanpa dilengkapi Bantal.

Artinya, apakah sofa tersebut memiliki kualitas kelenturan yang memadai seperti pada dudukan dan sAndarannya, sehingga tidak perlu lagi adanya penambahan Bantal.

Jika memang sudah nyaman, dalam pengertian isi material sofa memiliki tingkat kepadatan tertentu yang dapat membuat penggunanya merasa nyaman atau rileks, maka kehadiran Bantal sofa tidak perlu terlalu dipaksakan.

“Biasanyakan di beberapa jenis sofa ada Bantalan punggung atau dudukan yang bisa menyanggah kepala. Kalau sofa yang seperti itu, nggak usah pakai Bantal lagi. Soalnya yang duduk pasti sudah merasa nyaman. Kalau ditambah Bantal lagi, kelihatannya malah semak,” tuturnya menambahkan.
Tapi jika sofa tidak memilki Bantalan punggung atau isi materialnya kurang nyaman, ucap Nina, Bantal sofa sangat diperlukan untuk menciptakan kenyamanan pada orang yang duduk di sofa tersebut.

Menurut Nina, selama ini banyak konsumen yang dibingungkan dengan jenis dan fungsi Bantal. Dibingungkan dengan bedanya antara Bantal kursi dan Bantal sofa.

Tapi itu dulu, karena saat ini telah ada penyesuaian jenis Bantal untuk kursi dan sofa. Apalagi di beberapa toko, termasuk toko Enek Furniture, telah menjual Bantal dengan rancangan multifungsi.
“Jadi dia bisa digunakan di kursi, juga bisa digunakan di sofa,” ujar Nina sembari menunjukkan Bantal multifungsi yang dimaksudnya.

Begitupun, ucapnya, ukuran Bantal juga sangat mempengaruhi keindahan yang akan ditampilkan. Misal, bentuk kursi biasanya memiliki ukuran yang lebih langsing daripada sofa. Karena itu, ukuran Bantalnya pun harus disesuaikan. Ini tidak sama dengan Bantal sofa yang sifatnya lebih fleksibel.

“Kalau bentuk kursinya terlihat ramping, Bantalnya juga harus lebih kecil dibanding dengan Bantal untuk sofa. Karena kalau sama atau lebih besar, kelihatannya jadi penuh. Orang yang mau duduk pun jadi bingung nanti,” katanya.

Ini semata-mata bukan saja untuk membuat orang yang duduk menjadi lebih nyaman, tapi juga bertujuan agar Bantal dan kursi terlihat seimbang dan cantik dipandang mata.

Apalagi bila memasukkan unsur-unsur motif yang ceria. Ditambah lagi dengan pemilihan Bantal yang tepat. Mulai dari model furniturenya, motifnya, warnanya, dan beberapa poin penting lainnya. Karena bagaimana pun, beberapa unsur tersebut patut diperhatikan.

Untuk itu, Nina menyarankan agar menyesuaikan model furniture dengan ukuran dan bentuk Bantal. Bila sofa berukuran besar dan lebar, maka cocok disandingkan dengan Bantal yang juga berukuran besar.

Kemudian, lanjut Nina, paduan warna antara warna sarung Bantal dengan skema warna ruang secara keseluruhan akan memperkuat kesan indahnya. Tidak perlu menyamakan warna sarung Bantal dengan warna perabot, karena hal itu justru akan menjadi aksen di ruangan yang tampil senada.

Unsur terakhir yang wajib diperhatikan adalah motif. Perhatikan motif pada ruangan, karena Bantal, gorden, dan sofa pada umumnya memiliki motif sendiri. Pada ruang yang sudah terlalu banyak motif, ada baiknya jika Bantal tampil polos untuk menghindari kesan ramai pada ruang.
Namun jika ruang terlihat polos, maka disarankan menggunakan Bantal bermotif agar bisa mencuri perhatian orang yang melihatnya. Ruang pun akan terkesan lebih ramai dan hidup.

Posted on November 22, 2011, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: